Tips Aki

1 Jan 1970

CARA MERAWAT AKI KERING MOTOR

aki gs, aki gs astra, harga aki gs, aki gs mf, harga aki gs motor, aki gs motor, aki gs astra motor, accu gs, harga accu, accu motor, harga accu motor, accu gs astra, accu check, baterai sepeda motor, cara merawat baterai sepeda motor, battery motorbike, battery motorcycle, battery sepeda motor, harga aki gs astra, battery kendaraan, battery kendaraan bermotor, jual aki gs astra online, cara memelihara baterai sepeda motor, cara memelihara aki motor agar awet, produk baterai kendaraan, aki type mf, harga aki gtz5s, aki motor honda, aki motor yang bagus, aki motor tekor, aki motor soak, aki motor honda beat, aki motor terbaik, distributor aki kering gtz5s, harga aki kering, harga aki motor, motor aki, motor aki murah, jual motor aki murah, aki motor kering, aki aki

Aki adalah komponen penting yang diperlukan bagi motor. Sebuah motor membutuhkan sumber arus searah dari yang dihasilkan oleh aki. Jika kita melakukan perawatan rutin akan membuat aki motor tetap awet dan terjaga performanya untuk memudahkan pengguna kendaraan menyalakan motor perlu diperhatikan.

Berikut ini ada 5 Cara merawat aki motor agar tetap awet dan menjaga agar motor aki tersebut lebih tahan lama memudahkan dalam menghidupkan sepeda motor anda.

Berikut Cara Merawat Aki Kering Tetap Awet Pemakaiannya :

1. Jika motor didiamkan misal dalam seminggu ini akan menyebabkan aki lemah dan pengisian menjadi kurang stabil, maka usahakanlah motor sering digunakan atau paling tidak di hidupkan jika memang tidak dipakai.

2. Gunakan lebih sering electric starter setiap harinya, kecuali untuk pertama kali memanaskan mesin di pagi hari menggunakan kick starter.

3. Hindari goncangan fisik yang berlebihan saat berkendara, misal sering melewati jalan yang rusak dalam kecepatan cukup tinggi. Goncangan ini akan menyebabkan sel-sel di dalam aki cepat rusak.

4. Selalu pantau cap kabel terminal aki agar selalu dalam keadaan tertutup, jangan dibiarkan lembab yang menyebabkan terjadi korslet.

5. Saat menstarter jika 1-2 kali tekan mesin tidak mau hidup, jangan biasakan ditekan terus menerus. Usahakan beri jeda 5 detikan untuk memulainya kembali.

Jika anda melakukan 5 cara diatas dengan benar akan menambah awet aki kering motor anda. Perlu anda ketahui bahwa usia pakai aki kering normalnya bisa bertahan antara 2 2,5 tahun. Kami harap artikel diatas dapat berguna bagi para pembaca.

Accu GTZ5S 12v Maintenance Free (MF) Astra Otoparts

GTZ5S 12v AGM Maintenance Free, Powersport and Motorcycle Battery

harga akiup-to-date

Untuk pembelian aki kering GS MF GTZ5S, harga yang ditawarkan adalah =

harga akiup-to-date lalu di-diskon 10% hingga 14% tergantung jumlah (quantity).

Keunggulan GS VRLA (Valve Regulated Lead Acid):

  1. Bebas perawatan (MF) - Tidak perlu menambah air aki sehingga menjadikan GS VRLA bebas perawatan.
  2. Awet dan tahan lama - daya start yang tinggi dan menyimpan setrum lebih lama.
  3. Anti tumpah/bocor - dijamin tidak tumpah atau bocor accu zuur karena menggunankan separator khusus.
  4. Siap pakai - aki sudah terisi accu zuur standar pabrik dan sudah terisi setrum, siap langsung dipakai

Apa Saja Yang Kerap Menimpa Aki?

Umur pakai aki mobil terasa pendek? Jangan buru-buru ngambek or menuduh aki enggak beres. Coba telisik lagi perlakuan Anda terhadap aki atau jalur kelistrikan yang ada. Bisa saja umur pendek aki justru akibat kelalaian sendiri.

  1. Badan aki dibiarkan kotor berdebu. Memang tak ada salahnya, hanya mengganggu penampilan. Tapi karena kotor, kita jadi sulit melihat kondisi air aki dari luar. Jangan-jangan sudah berada di bawah lower level tapi tak terpantau.
  2. Pengisian tak cukup. Akibat fungsi regulator yang menyuplai listrik ke aki tak bekerja maksimal. Jadi ketika motor dihidupkan, arus listrik tak cukup. Selain itu bisa akibat kabel terminal aki yang kotor atau kendor.
  3. Air aki mendidih ketika kendaraan dipakai dalam jangka waktu lama. Hal ini akibat aki kelebihan arus listrik. Bisa terjadi karena voltage regulator, atau lebih tenar dengan sebutan kiprox sudah rusak. Sehingga tetap memasok arus listrik ke aki walau di aki sudah penuh. Efek ini kadang dibarengi badan aki menggelembung.
  4. Mesin tak mau distart setelah didiamkan selama paling tidak 4 hari. Ini akibat kelalaian pemilik motorl malas melihat ketinggian air aki. Atau bisa juga berat jenis air aki sudah berkurang akibat self discharge.
  5. Sulit start di pagi hari. Biasanya karena pemilik motor hobi memasang perangkat aksesori yang berkaitan dengan listrik.
  6. Badan aki memiliki suhu sangat panas. Coba tengok sekitar mesin. Apakah mesin motor sudah di modifikasi ekstrem? Modifikasi ekstrem dan dipakai harian akan meningkatkan suhu di dekat mesin.
  7. Tiba-tiba tidak bisa start. Kejadian paling menyebalkan. Coba cek kepala aki. Biasanya hanya kendor atau kotor. Longgarkan baut ikatannya, lalu kencangkan kembali sampai kepala kabel tak bisa bergerak lagi.
  8. Tidak bisa start. Ingat-ingat kapan terakhir beli aki. Biasanya kalau lewat dari 1,5 tahun, memang sudah waktunya ganti. Paling enak, ketika beli aki baru, tulis tanggal pembelian di badan aki pakai spidol yang tak bisa dihapus.
  9. Cairan aki kurang baik. Begitu banyak air aki botol biru yang beredar. Mulai hypermarket, SPBU sampai bengkel kecil biasanya ada. Biar aman, beli di SPBU, bengkel besar atau toko yang menjual aki.
  10. Jangan menguras cairan elektrolit atau accu zuur jika aki sudah mulai lemah. Cukup setrum ulang saja, aki greng lagi.

Tips membersihkan soket kelistrikan

Musim hujan yang datang bisa dianggap berkah, tetapi harus waspada juga kalau menyangkut kinerja mesin.

Air yang terciprat dari sela-sela cover kendaraan kadang bisa membuat kotoran menumpuk. Parahnya kalau menumpuk di soket kelistrikan, pasti fitur mobil akan terganggu. Padahal, membersihkannya pun tak bisa sembarangan.

Paling penting, harus memilah-milah obat pembersih khusus perangkat kelistrikan. Khusus untuk hal ini karena mengandung unsur listrik jadi pembersih yang digunakan pun harus yang khusus membersihkan kelistrikan, lebih aman karena tidak menghantarkan arus listrik dan cepat kering.

Beberapa perangkat yang mengalirkan arus listrik, contohnya soket kunci kontak motor. Perangkat ini apabila kotoran menumpuk, pasti akan menyebabkan aliran listrik tidak stabil. Indikasi paling mudah, buka soket dan lihat kondisinya.

Apabila terlihat banyak kotoran menghitam, sudah tandanya untuk dibersihkan. Semprot dan usapkan saja perlahan dengan tangan untuk kotoran membandel. Jika sudah ada karat mau tak mau harus diampelas.

Untuk kendaraan yang sudah berumur, lihat juga kondisi soket lain seperti kabel menuju koil atupun soket lampu. Efeknya, kabel koil yang longgar bisa mengakibatkan mesin terasa tersendat, begitu juga dengan soket lampu yang bisa membuat sinar lampu menjadi redup. Diusahakan jangan satu sisi soket saja yang disemprot, soket bagian motor lainnya juga dibersihkan.

Kelar soket dibersihkan, ada juga perangkat listrik lain yang utama, yaitu terminal aki. Setelah sekian lama, biasanya ada kerak putih akibat kondensasi uap air aki yang menumpuk. Kalau terlalu banyak, gejala seperti aki kehabisan setrum jamak ditemui. Dapat menggunakan pembersih khusus listrik atau menggunakan air panas. Semprot, lalu gunakan lap kain bersih untuk menghilangkan bekas kotoran.

So, tidak perlu khawatir lagi jika harus driving hujan-hujanan. (sumber mobil.otomotifnet.com)

Keunggulan Aki MF GS Astra

Teknologi Aki MF untuk Iklim Tropis

Tangguh untuk iklim Tropis Indonesia
Didesain khusus untuk iklim tropis Indonesia.

Tanpa Perawatan
Tidak perlu lagi mengecek dan menambah air aki, sehingga menghemat waktu dan biaya perawatan. Kerusakan aki akibat kelalaian mengecek dan menambah air aki menjadi tidak ada.

Daya Start Tinggi
Aki MF GS Astra dapat menyimpan energi listrik lebih lama bahkan cocok untuk digunakan pada kendaraan yang relatif jarang dipakai atau kondisi mesin motor dingin.

Bebas Korosi/Karat
Sehingga kebersihan motor dan aki lebih terjaga.

Petunjuk Keamanan Aki

Taatilah petunjuk yang tertulis di sini karena merupakan hal-hal penting yang berhubungan dengan keamanan

gambar petunjuk keamanan aki

gambar petunjuk keamanan aki

Penanganan Aki

Simak tips penanganan aki yang baik sejak anda membuka segel, menggunakan, hingga memasang dan melepasnya.

  1. BARU
    Supaya umurnya panjang aki harus dirawat. Dimulai sejak segel untuk pengisian air aki masih tertutup. Ketika membeli aki, lepaskan penutup aki tersebut.
    Setelah itu isi dengan accu zuur (H2SO4) dengan berat jenis 1.260 (bisa diukur pakai alat hydometer). Ingat ya, jangan sekali-kali isi dengan air aki. Agar lebih maksimal, diamkan beberapa saat sebelum digunakan.

    Penanganan aki diatas adalah untuk aki standar seperti aki GS Premium, sedangkan untuk aki GS Maintenance Free bisa langsung untuk digunakan tidak perlu menunggu untuk mengisi accu zuur dan tidak perlu juga didiamkan beberapa saat.

  2. PENGGUNAAN

    Selama penggunaan aki juga perlu penanganan yang baik. Kondisi air harus selalu pada batas antara lower level dan upper level. Jika kurang harus segera ditambah. Ketika menambah, hanya boleh pakai air aki (H2O). Jangan gunakan air apapun, apalagi air tanah atau air minum.
  3. MEMASANG/MELEPAS AKI

    Ketika memasang, dahulukan kutub positif. Sedangkan saat melepas, dahulukan kutub negatif. Ini untuk mencegah terjadinya hubungan pendek antara terminal positif dengan body motor.

    Kencangkan baut pengikat terminal aki dengan baik dan benar. Kalau kendur, proses pengisian dan pelepasan arus tak akan maksimal.

    >>Home
    >>Produk ACCU GS ASTRA lainnya
    >>Harga AKI Motor dan Cara Pesan Aki
    >>Tips Merawat Aki
    >>Product Knowledge Aki
    share

BAH PETRUK MUDA buka di :
CP : 081.804.496888 (XL) | T : 0274 - 496888 ( Fixed Line )
ALAMAT : AHASS SETIA KAWAN, Jl Raya Yogyakarta - Solo KM10,2 No 30A Sorogenen Purwomartani Kalasan Sleman D.I.Yogyakarta 55571 Indonesia
Twitter : @bahpetrukmuda
Fb : bahpetrukjogja
Fb Fanpage : bahpetrukyogya
Blog 1 : http://bahpetrukmuda-accu.blogspot.com/
Blog 2 : http://bahpetrukmuda.wordpress.com/
Blog 3 : http://bahpetrukmuda.webs.com/
Blog 4 : http://bahpetrukmuda.weebly.com/
Blog 5 : http://bahpetrukmuda.blogdetik.com/
Linkedin : bahpetrukmuda
Path : Bah Petruk Muda
Foursquare : Bah Petruk Muda
WA : 081.804.496888
Instagram : bahpetrukmuda
Email Google: bahpetrukmuda@gmail.com (GTALK)
Email Yahoo : bahpetrukmuda@yahoo.com (YM)
Email MSN : bahpetrukmuda@hotmail.com (MSN)
Google+ : Bah Petruk Muda
Subscribe Youtube : Bah Petruk Muda
Tumblr : bahpetrukmuda
Google Maps : Bah Petruk Muda
Skype : Bah Petruk Muda
Vimeo : vimeo.com/bahpetrukmuda
Pinterest : Bah Petruk Muda
Flickr : bahpetrukmuda


TAGS 1


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post